Sabtu, 05 Januari 2013

Setahunan Hobi Baru :)

It's almost a years, punya hobi baru yang magnetnya lebih kuat dari baca ._.
Padahal selama ini, cuman baca buku yang bisa bikin Aku lupa sama dunia, dan segala kerumitan yang menyesakinya. And here it is, my new hobby.. Tadaa~~~

















Yeiiiyyy... Yap, this is my treasure chest. :3
Peti harta yang sangat-sangat berharga. Hhe..
Oke, aku jelasin. Jadi, hobi baru aku yang udah hampir satu tahun aku jalanin ini adalah ME-RE-JUT. Iya merajut, yang ngoprek benang pake satu jarum (crochet) atau dua jarum itu loh (knitting). Yang benangnya di lilitin pake jarum, yang sering ada di komik-komik Jepang ituu. Get it? Get it? Get it?

Aku juga bingung, kenapa bisa-bisanya punya hobi ngerajut. Sampai-sampai mamah pernah bilang aku kaya nenek-nenek pensiunan, kerjaannya ngerajut mulu di rumah. Hhi.. Padahal kan ngerajut itu bukan cuman buat pensiunan. Hufht -________-

Jadi, emang udah dari dulu aku penasaran sama kerajinan yang satu ini. Cuman ya gitu, berhubung aku tinggal di suatu kota yang bernama Banjarmasin, yang di sana itu agak susah yah kalau mau nyari bahan-bahan keperluan merajut, jadi rasa penasaran ini sempet terpendam bertahun-tahun. Sampai akhirnya di awal semester 2 pas kelas 3 SMA, aku nekat nyari perkakas rajut sama temen aku, namanya Apriyani Puspa Dewi. Eh nemu, ya udah habis itu iseng-iseng kita ke Gramedia, nyari buku panduan gitu. Pas udah lengkap semua, mulai lah proyek belajar merajut kami.

Yang lucu selama proses belajar ngerajut itu, mendadak ngerajut jadi 'booming' di angkatan aku. Hhi.. Pada banyak yang ikut-ikutan pengen belajar juga. Padahal kita juga masih garuk-garuk kepala nyoba mahamin panduan yang ada di buku. Meski Alhamd akhirnya sukses juga (ง`.´)ง .
Wahh, karya pertama aku tuh pokoknya Astagfirullah banget. Mencong san-sini, hhi.. Pengen di upload tapi sayang aku tinggal di rumah. Hhe...

Yang miris kalo di inget-inget itu, jauhnya perbedaan harga benang di Banjarmasin sama di Bandung (Iya sekarang aku di Bandung, tepatnya di Jatinangor). Bayangin aja, awalnya aku kira harga 16rb buat benang segulung (benang katun) itu yah emang udah segitu. Taunya pas sampai sini, aku beli benang harganya cuman 8-9rb. Jauh banget kan :( Hhu..
Tapi ya itu namanya perjuangan kali ya (sok bijaksana). Hhi..

Selama setahun ini, mati-matian belajar ngerajut. Padahal waktu itu kondisi udah mau Ujian Akhir Nasional, sama mau tes SNMPTN. Tapi akunya malah sebodo amat, tetep anteng belajar ngerajut di sela-sela semua kericuhan menjalang tes. Belajar dari mulai nyoba-nyoba sendiri, liat panduan di buku, sampai akhirnya nyari panduan di youtube. Iya, selama belajar itu, aku ngga punya tutor yang ngajarin sama ngejelasin secara langsung. Jadi ya gitu, lama proses belajarnya. Soalnya belajar sendiri. Thanks to YouTube yang ternyata nyediain berbagai macam tutorial Crochet and Knitting. :'

Yah begitulah, selama suka duka yang belum berakhir ini (Harus bisa bikin sweater, vent, kaos kaki, sama sarung tangan!) banyak deh kenangannya. Gak kerasa aja tau-taunya udah setahun. Hhi..
Dan inilah prakarya yang berhasil aku buat selama ini..
Jeng~~ Jeng~~

1. Japanese Doll
Ini aku juga dapet tutorialnya dari internet. Hhi.. Cuman berupa pettern sih dapetnya, tapi Alhamd berhasil mengaplikasikannya sampai jadi boneku unyuuu~~ begini.
Hhu.. Jadi terharu :' 






2. Syal
Iyaa ini syal >.<
Meski sejujurnya, ngga akan muat dililitin di leher. Huuuhhh. Iya ini syalnya kependekan. Entah kenapa, benangnya udah habis duluan sebelum sampai di panjang yang diinginkan. -___-
Tapi ya sudahlah, yang penting ini syal jadi. Oh iya, ini pakai teknin Knitting ya, bukan Crochet.



3. Handphone Case
Ini ceritanya tempat HP. Tapi  karna aku sendiri ngga suka pake tempat HP. Jadilah akhirnya ngga kepake. Sayang juga sih sebenernya. Akhirnya malah aku jadiin wadah permen. :3




4. Pencil Case
Ini tempat pensil, yang waktu di pake akhirnya malah kotor kena tinta. Dan tintanya ngga bisa hilang -____-
Salah juga sih milih warna putih buat kotak pensil. Hhe.. :B







5. Kotak Pensil Motif Anak Tangga
Tadinya sebenernya ini pesenan temen. Tapi di tengah jalan proses pembuatan, mendadak dia berubah pikiran tentang motifnya. Daripada dibongkar, akhirnya aku jadiin aja. Terus di pake sendiri deh.
 6. Pita
Ini benda paling simple, paling gampang yang semua pemula juga bisa kayanya. Iya soalnya emang beneran gampang banget. Tinggal bikin persegi panjang, terus di satuin ujungnya. Habis itu bikin tengahnya, terus di iketin. Tapi biarpun gampang, aku suka hasilnya. :)



7. Boneka Voodo (?)
Hah? Boneka Voodo?
Ehm, bukan sih sebenernya. Tapi berhubung banyak yang komentar begitu, jadilah aku namain dia boneka voodo. Padahal lucu (?) gini kan bonekanya. Emang dasar pada sirik aja tuh yang ngomong gitu. : p





8. Gantungan Kunci Huruf
Yeiiiiyy, inilah dia hasil karya yang sebenernya masih dalam rangka uji coba. Hha..
Banyak yang nyangka ini sebenernya boneka orang yang ngga ada kepalanya. Heran juga kenapa pada mikir gitu. Padahal jelas-jelas ini huruf 'K'. Kenapa K? K itu buat Kempo. Liat kan motif di tengahnya? :)





Okee...
Sejauh ini hanya itu prakarya saya yang masih saya pegang. Sisanya Alhamd udah berpindah tangan ke mereka yang lebih membutuhkan (?). Semoga aja di jaga baik-baik yaa :'

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ass..mbk beli benang n jarum knittingny dmn y dijatinangor ini? Kbtulan sya pgin bljr..tp saya g tau bli bahanny dmn kl djatinangor ini..masa hrs kbndung.hiks..trims:)

Hanifah mengatakan...

wass.. sebenernya saya juga biasanya ke bdg mba, hhe.. tpi kalau benang, di toko dekat pertigaan brimob ad yg jual. Di sebelah yang jual pempek itu kan ada tempat jahit, nah di sana dia jual benang2 katun. Kalau jarum saya belum pernah nanya sih di sana.. :)