Minggu, 13 Mei 2012

Delapanbelas Tahun

Selama 18 tahun aku hidup, gak ad seorang pun yg bisa jelasin ap itu cinta dgn benar ke aku. Selama itu juga aku berkali-kali menemukan perbedaan definisi cinta bagi setiap orang. Tapi semua perbedaan itu saling melengkapi dan menyempurnakan definisinya.
Selama 18 tahun aku hidup, puluhan orang di sekitar ku jatuh cinta dan putus cinta. Semuanya membawa kenangan yang berbeda tentang cinta. Begitu pula pandangan yang mereka miliki, tidak pernah sama satu dan yang lainnya.

Selama 18 tahun aku hidup, berbagai perasaan telah ku alami. Berbagai pengalaman ku jalani. Namun hingga kini aku tetap bertanya-tanya apa itu cinta. Bahkan aku ragu apa pernah aku benar-benar jatuh cinta. Apa aku pernah begitu menyayangi tanpa memikirkan masalah apapun yang akan menghadang.

Selama 18 tahun aku hidup, ribuan ungkapan tentang cinta telah kubaca, kudengar, bahkan kubuat. Tapi sesungguhnya akupun masih meragu terhadapnya. Ada yang bilang,
"Ketika kita tidak dapat melakukan apapun tanpanya, meski tidak ada alasan, bukankah itu cinta."
Benarkah? Karena bila itu benar, maka aku yakin aku belum pernah jatuh cinta. Sebab selama ini tidak satupun mereka singgah tanpa alasan di hatiku. Dan tidak sekalipun kepergian mereka menjatuhkan ku untuk waktu yang cukup lama.

Selama 18 tahun aku hidup, menangis selamta satu-dua hari ketika putus cinta itu biasa. Lalu menangis lagi ketika mengenang kegagalan itu, dan ketika bercerita pada orang lain, sewajar tarikan nafasku selama ini. Wajar ketika kita merutuki kegagalan. Namun hanya sebatas itu. Setelah itu aku akan bangkit dan berhenti menangisi masa lalu.

Selama 18 tahun aku hidup, batas antara cinta, sayang, dan kagum masihlah transparan. Begitu mirip, sehingga sulit memilah dan mengukurnya dalam takaran yang tepat. Namun seseorang pernah mengatakan, bahwa rasa kagum, dan sayang yang tulus adalah awal dari cinta. Karena keduanya akan tumbuh dan merambati hatimu perlahan bila kau menyiraminya dengan tepat.

Kini setelah 18 tahun aku hidup,
Aku masih bertanya-tanya tentang cinta...

Tidak ada komentar: